Senin, 05 April 2010

Pendaftaran Siswa Baru SMP LIK

SMP Lazuardi Insan Kamil Sukabumi membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2010/2011. untuk informasi dan pendafatran hubungi di 0266-6248274 (Fadhil) atau0817109392 (Hasan Mawardi)

Mencari Sekolahnya Manusia untuk Anak :

By: Munif Chatib
Melewati bulan Desember beberapa orang tua mulai ribut dengan urusan memilih sekolah untuk anak di jenjang manapun, untuk kemudian menetapkan strategi apa yang perlu dipersiapkan anak dan orang tuanya untuk masuk sekolah tersebut.

Betapa banyak sekolah yang mengaku favorit, dan menetapkan standar masuk yang tinggi kemudian terbukti tidak manusiawi dalam mendidik anak kita. Mulai dari SD sampai SMU. Anak kita yang di awal kehidupannya adalah seorang juara, dengan default factory setting bermodal mental climber, perlahan-lahan dirubah menjadi manusia setengah robot dengan hati dan mental yang kerdil, lewat pola ajar dalam kelas yang penuh derita. Berkat tekanan kognitif dipadu teacher talking time dan aktivitas kelas yang garing.

Pak Munif mengungkap fakta-fakta tersebut dalam seminar Mencari Sekolahnya Manusia di Lazuardi GIS hari Sabtu yang lalu. Maraknya tawuran dan meresahkannya perilaku remaja saat ini, adalah bentuk berontaknya jiwa-jiwa di dalam diri anak bangsa yang penuh tekanan, baik tekanan kognitif dari sekolah, pola asuh di rumah yang tidak mendukung plus pergaulan yang bermasalah.

Hasilnya, ketika genap pendidikan mereka di Perguruan Tinggi mereka jadi manusia pas-pasan, kalah saing di bursa tenaga kerja, tidak cukup kreatif, innovatif dan produktif untuk jadi pengusaha. Mentalnya kropos menghadapi kompetisi hidup dan gamang untuk melangkah. Walaupun pendidikan mereka terbilang tinggi, selesai S1 atau S2.

How Come..?? Bagaimana mungkin itu semua terjadi tanpa kita para ortu menyadarinya. Karena kita adalah murni hasil didikan sistem yang sama. Jadi kalau ada penolakan dari anak, baik dalam bentuk pemberontakan di dalam kelas, nilai-nilai yang tidak standar atau PR yang tidak diselesaikan, maka yang dianggap salah adalah anaknya. Ortu dengan serta merta berusaha memacu performance anak di kelas dengan segala cara yang ortu ketahui demi memompa prestasi belajarnya.

Tanpa pernah menggali dari pihak anak apa sih sebenarnya masalah dan kesulitan mereka, apa keinginan dan harapan mereka terhadap Guru, Kelas, Sekolah dan Ortunya. Kemudian berjuang memperbaiki habitat anak di sekolah dan di rumah agar anak bisa lebih bahagia dan produktif. Menurut Pak Munif umumnya sekolah yang ada saat ini hanya mampu menghasilkan genarasi Camper dan Quitter. Sungguh untuk membangun generasi Climber peran yang dilakoni sekolah pada umumnya harus direformasi. Karena sekolah berkualitas mengkontribusi 75% modal seorang Climber.

Saya terusik untuk menuliskan ini karena saya pribadi adalah contoh orang tua yang pernah melakukan tekanan kognitif pada anak. Memberi beban jiwanya dengan harpan-harapan yang saya anggap pantas buat anak, tanpa pernah berusaha mencari apa yang sebetulnya yang dia inginkan. Menganggap anak saya yang kurang berusaha saat prestasi nilainya fail, kemudian mencekokinya dengan penderitaan tambahan di rumah demi memompa prestasinya. Akibatnya Sulung saya mengalami demotivasi sekolah, padahal baru duduk di kelas 5 SD. Something Must Be Changed…

Saya pun berusaha ikut seminar ke sana ke mari demi mencerahkan pengetahuan saya tentang kebutuhan belajar anak-anak. Terakhir seminar dengan Bobbi De Porter, membawa saya pada sebuah dilema. Netta, Si Sulung jelas sudah jadi korban kejamnya pemasungan potensi otak akibat beban kognisi dan teaching style yang tidak sesuai dengan learning stylenya. Apakah saya harus menjebak 3 adiknya Fella 5.6, Faza 4.2 dan Ghazi 2.8 tahun pada jalan yang sama. Apakah ortu yang menyekolahkan anak di SD Negeri harus mengalami dilema seperti saya.

Ternyata hasil share mengatakan, banyak sekolah swasta yang mahal pun memberi tekanan yang sama. Cirinya anak tidak suka sekolah, lelah lahir batin dan butuh banyak intervensi orang tua untuk menjalani kewajiban kognisi yang mereka bawa dari sekolah seperti PR dan persiapan ulangan. Jadinya sekolah mahal yang sepertinya bonafide, lengkap dengan serentetan tes masuk, belum terjamin mampu jadi sekolahnya manusia.

So, saya semakin dicengkram kebimbangan, terpikir untuk memberi 3 anak saya Home Schooling saja, meski terbentur kurikulum yang harus dipersiapkan, butuh banyak usaha untuk siap HS. Di salah satu kesempatan Chat dengan Mba Yanti DP, beliau mengundang saya untuk bertemu di Sharing Bintang Bangsaku dengan Margareth Shore, seorang aktivis pendidikan dari Ausie yg mendalami Early Childhood Education. Beliau juga mendirikan Sekolahnya Manusia di Jogja “My School”.

Dari sharing itu Bu Margareth mengatakan.. kalau anak kita bukan tipe yang bisa duduk manis karena cenderung kinestetik berat, maka mendudukkan mereka di bangku kelas utk mendengarkan teacher talking time dan mengerjakan tugas yang penuh dengan menulis adalah sebuah upaya pembunuhan karakter, bukan pendidikan. Jika dipaksakan anak akan mengalami demotivasi sekolah hingga mereka kehilangan minat belajar. Pesis yang saya alami dengan si sulung. Tekad saya untuk memberikan 3 anak saya Home Schooling jadi semakin kuat, minimal sampai usia mereka genap 7 tahun. Buat apa masuk TK yang pake nyanyi tangan ke atas, tangan ke samping kemudian dudukyang manis, bahkan diusia segitu anak harus duduk manis. Mereka butuh bergerak, perkembangan otak mereka pun butuh anak untuk banyak bergerak. Gak heran Fella menyatakkan gak mau sekolah, karena di TKnya jalan-jalan di dalam kelas sudah mulai dilarang…

Menurut Pak Munif, apapun kondisinya anak kita tetap membutuhkan adaptasi dengan lingkungan pergaulan di sekolah, termasuk menghadapi tekanan kondisi yang tidak selalu sama dengan diri mereka dan pergaulan yang buruk. Alih-alih menjauhkan anak kita dari pergaulan yang buruk, sebaiknya anak kita dididik dengan Character Building yang baik, sehingga dapat menjadi agent of change dan menginfluence lingkungan yang buruk jadi lebih baik lewat kehadirannya.

Sekolah di Jakarta saja banyak yang belum siap dengan melesatnya kemampuan otak calon murid SD berkat berkembangnya stimulasi tumbuh kembang anak pada pola asuh di rumah dan konsep TK modern. Akibatnya menurut Mba Yanti DP, banyak alumni TKnya yang mengalami tekanan di SD akibat berkembangnya otak mereka melebihi kemampuan guru kelas 1 SD mengakomodasi. Ada alumni mulutnya di lakban karena kebanyakan bicara . Ada juga yang diancam dengan gunting, karena tidak bisa duduk manis. Tidak heran Indonesia ada diperingkat keempat dari bawah dalam hal kualitas pendidikan dari 106 negara. Masya Allah…

Maka seminar Pak Munif tentang tips mencari sekolahnya manusia penting untuk diperhatikan. Ada 8 poin yang harus dimiliki sebuah sekolah untuk disebut Sekolahnya Manusia yaitu :

1. Pendidikan di dalamnya mengintegrasi Jasmani dan Ruhani dengan Agama dan Akhlak, memiliki 60% muatan agama dalam koridor Character Building, yang masuk bersama-sama materi Umum. Agama bukan sebagai pelajaran bermuatan kognitif tapi lebih ke pengelolaan akhlak lewat Character Building.

2. Sekolah berperan sebagai Agent of Change, mampu merubah kondisi awal siswa yang negatif menjadi positif. Cirinya sekolah ini tidak akan memakai perangkat serentetan tes masuk. Melainkan memakai Multiple Intelegence Research. Siapa saja diterima di sekolah ini, bukan hanya yang ‘dianggap’ bodoh dan nakal, tetapi juga yang dianggap memiliki keterbatasan fisik atau kemampuan otak seperti cacat fisik, CP, autis dsb.

3. Sekolah memiliki The Best Process dalam aktivitas kelas. Belajar dengan cara yang menyenangkan, 30% Teacher Talking Time, sisanya 70% siswa belajar dengan active learning. Learning Style = Teaching Style, hasilnya pelajaran jadi mudah dan menyenangkan. Jauhkan kesan kelas sebagai penjara terkejam, yang hanya mampu menghasilkan manusia bermental robot.

4. Sekolah memiliki the best teachers. Guru menjadi katalisator dasn fasilitator proses transfer knowledge yang asyik. Guru terhindar dari Virus 4T, penyebab Disteachia. Guru mampu membuat Lesson plan yang sesuai dengan learning style murid-muridnya.

5. Terjadi Active Learning. Siswa belajar dengan aktif tidak hanya secara pasif mau tidak mau harus mendengar guru. Hasilnya siswa tidak hanya TAHU APA, tapi juga tahu BISA APA. Menggunakan pendekatan strategi mengajar Multiple Intelegence sesuai kerja otak siswa.

6. Ada Applied Learning, sekolah mengaitkan materi belajar dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa tidak hanya belajar konsep abstrak tapi juga pembelajaran langsung diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

7. Mengaplikasikan Pendekatan Multiple Intelegences dan penggunaan MIR, sebagai pemantik kreativitas anak, fasilitator tentang kebiasaan yang perlu dikembangkan ortu dan mempercepat anak menemukan kondisi akhir terbaik bagi dirinya. Bagi Guru MIR juga dapat dijadikan pijakan dalam pembuatan lesson plan.

8. Penilaian otentik diterapkan dalam setiap pengambilan nilai evaluasi hasil belajar. Ciri penilaian otentik adalah : 1.Soal berkualitas dan bisa dikerjakan siswa, 2.Sifatnya Ability Test bukan Disability Test, 3.Penilaian dapat digunakan untuk Discovering Ability, 4.Kemampuan anak dinilai berdasar perkembangannya dari waktu ke waktu, dan tidak membandingkannya dengan siswa lain, 5.Penilaian berbasis proses, bukan pada akhir pembelajaran seperta Ujian Akhir yang ada.

Sounds like Sekolahnya Manusia is too good to be true.. Pasti akan muncul pertanyaan di mana adanya sekolah yang manusiawi ini. Apakah membutuhkan biaya yang besar untuk menyekolahkan anak-anak kita di sana..? Jawabannya silahkan mencari tahu di wilayah anda adakah sekolah yang berciri di atas. Karena sekolah terbaik haruslah juga terjangkau dan dekat dari rumah.

Jika sudah terlanjur memasukkan anak di sekolah yang ada atau sekolah negeri apa akhir segalanya…? Tentu tidak, yuk kita tambal kebutuhan belajar anak dari rumah. Demi menjadikan mereka Life Long Learner sejati. Sambil perlahan-lahan membuka dialog dengan sekolah dan menularkan virus positif ini. Get Smarter Everyday..!!

P.S buat yang masih bingung dengan 8 point di atas.. Please.. Baca buku Sekolahnya Manusia..

Jumat, 02 April 2010

SEMINAR: ISLAMIC CHARACTER BUILDING

Penyusunan materi pelajaran agama di sekolah haruslah mengarah kepada penanaman akhlak. Ini menjadi penting agar kita tak kehilangan perspektif akan tujuan puncak pendidikan agama. Minimnya karakter dari pendidikan agama menjadikan tujuan menggapai puncak inti pembelajaran agama menjadi buram. Peristiwa kekerasan dan pertikaian dikalangan umat mencerminkan potret kurangnya karakter pendidikan agama.
Demikian benang merah seminar pendidikan karakter building yang berlangsung di Jakarta, Kamis, (1/4). Seminar Pendidikan yang digagas oleh SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil Sukabumi dengan dihadiri oleh lebih dari empat ratus audien. Turut hadir sebagai pembicara, Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Komarudin Hidayat, Pendiri Sekolah Islam Lazuardi, Haidar Bagir, M. Quraish Shihab, Munif Chatib, Pakar Multiple Intelliegnce, Anis Baswedan, Rektor Univ. Paramadina, dan Sayyed Haidar, direktur Lazuardi.
Prof. Quraish Shihab yang tampil sebagai pembicara pertama, menyoroti pentingnya akhlak sebagai landasan utama pengutusan Sang Nabi. “dan tidaklah aku diutus melainkan untuk menyempurnakan kesempurnaan akhlak”, kutif beliau.
Pada dasarnya sistem pendidikan agama telah begitu sempurna. Sayangnya ia seolah jalan ditempat, karena minimnya kreasi dan inovasi. Karena itu, guru perlu terus belajar. Guru yang berhenti belajar sebaiknya berhenti mengajar. Demikian pula dengan orangtua, bila berhenti belajar maka jangan berharap banyak pada masa depan anak-anaknya. Tutur Rektor UIN Syarif Hidayatullah.
Komarudin Hidayat berpendapat tugas guru agama sekarang memang lebih berat. Oleh karena itu, kerjasama antara guru dan orang tua harus banyak dilakukan. Para guru mampu memberikan pemahaman kognitif kepada anak. Pemahaman itu juga harus dibiasakan dan dikontrol. Para guru juga harus mengusahakan adanya proses berbagi pengalaman dengan contoh yang baik kepada murid-muridnya.
Terakhir, Hidayat menyarankan agar reward dan punishment harus dijalankan. Menurutnya, Semua anak berhak mendapatkan perhatian dan jangan pernah membanding-bandingkan anak.
Sementara itu, Haidar Bagir pendiri Sekolah Islam Lazuardi, mengatakan materi pelajaran agama di sekolah harusnya mengarah pada penanaman akhlak. Konkretnya, pelajaran akidah sebagai puncak pendidikan agama lebih diorientasikan pendidikan akhlak.
Haidar menyayangkan pendidikan agama cenderung lebih bersifat simbolik, ritualistik, dan legal formalistik. Seharusnya pendidikan mengarah pada tiga ranah kemanusiaan; kognitif, ranah afektif dan psikomotorik.
Sementara itu, Anis Baswesan, Rektor Univ. Paramadina, mengatakan univ. Paramadina adalah satu-satunya universitas di Indonesia dan bahkan di Dunia yang menetapkan mata kuliah “Anti Korupsi” sebagai mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa. Demikian itu dimaksudkan untuk membekali para mahasiswa dan menciptakan katrakter SDM Indonesia yang lebih baik ke depan.
Hal yang sama diungkapkan oleh direktur Lazuardi, Sayyed Haidar yang melihat penganut agama di negeri ini, memiliki pengetahuan dan keinginan tetapi tak dapat mewujudkannya dalam tindakan nyata. Akibatnya Indonesia tercatat sebagai Negara terkorup di Dunia kendati bermayoritas agama Islam.
Pembicara terakhir, Munif Chatib, konsultan SMP Lazuardi Insan Kamil, lebih menyoroti langkah kongkrit yang perlu dilakukan sekolah. Menurutnya, langkah tepat perbaikan karakter bangsa adalah dengan menjadikan ICB (Islamic Character Building) atau akhlakul karimah atau pelajaran Budi Pekerti sebagai bidang studi wajib di sekolah.
Pendidikan karakter di sekolah-sekolah sudah menjadi bahan keprihatian selama bertahun-tahun tetapi belum nampak tawaran konkrit bagaimana mewujudkannya dalam sistim sekolah. Bahwa pendidikan karakter menjadi semakin penting dan mendesak dapat kita simak dari berita-berita di surat kabar dalam beberapa bulan terakhir ini menyangkut plagiarisme dan menyontek yang semakin lazim dan dianggap bukan suatu cela. Lazuardi Insan Kamil menawarkan metode dan sistem pendidikan yang bertujuan mengemukakan pendidikan akhlak dan persis itulah yang kami sebut sebagai character building (pembentukan karakter), ungkap Hasan Mawardi, ketua panitia yang sekaligus kepala sekolah SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil (LIK).
Kongkritnya, yang dimaksudkan dengan karakter atau akhlak adalah prilaku yang didasari kejujuran, kerendahan hati, ketegasan, lemah lembut, kasih sayang, empati, dll tanpa mengecilkan – tapi justru menekankan- kecerdasan akal, hati dan rohani
Sistem pendidikan SMP LIK dirancang dengan tetap memperhatikan standarisasi kurikulum Diknas dan diperkaya dengan strategi pembelajaran kecerdasan majemuk (multiple intelligence) dengan merujuk kepada karakter ideal yang ada pada diri Rasulullah saw
Kurikulum dan silabus disusun dengan memperhatikan kondisi masyarakat Indonesia dan masyarakat global (dunia) yang plural sehingga peserta didik siap terjun ke masyarakat dengan wawasan yang terbuka terhadap kemajemukan
Lazuardi Insan Kamil bukan hanya menaruh perhatian pada pendidikan siswa-siswanya tetapi terus-menerus meningkatkan kemampuan mengajar dan mendidik para guru. Secara berkesinambungan guru-guru mengikuti pelatihan sesuai dengan bidang pengajaran mereka dan kemajuan ilmu.
Mengapa Lazuardi Insan Kamil memilih sistem asrama (boarding school)? Kami percaya bahwa sistem ini akan menjamin efektivitas pendidikan yang terintegrasi yaitu telibat secara penuh dengan perkembangan anak baik ketika mereka belajar di kelas, praktik di lapangan, belajar, beribadah, bermain dan isitrahat. Kami juga percaya sistem asrama yang dibangun sesuai dengan kebutuhan anak dan kepentingan seusianya yang akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan kondusif untuk perkembangan pribadi
Dengan pertimbangan di atas, asrama dibangun dikawasan yang asri yang memungkinkan anak-anak berinteraksi dengan masyarakat di luar asrama.