Selasa, 22 Juni 2010

Tata Tertib SMP Boarding LIK

Tata disiplin di SMP Lazuardi Insan Kamil dilaksanakan sebagai bagaian integral proses pendidikan. Pedisiplinan merupakan suatu proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola prilaku tertentu, kebiasan-kebiasan tertentu, demi membentuk manusia dengan cirri-ciri dan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai akhlak terpuji, terkait denagn aspek mental, emosional, moral, dan spiritual. Di sekolah dan lingkunagn asrama, pendisiplinan dapat diartikan sebagai suatau cara sekolah danlam membimbing siswa agar memiliki kesadaran dan kebiasaan (habitus)—bukan sekedar patuh terhadap perintah dan aturan yang sesungguhnya hanya merupakan sasaran anatar. Termasuk di dalamanya pengembangan kemampuan untuk mendisplinkan diri sendiri sebagai salah satu ciri kedewasaan individu.
Meski sepenuhnya percaya bahwa para siswa akan belajar paling baik dalam suasana nyaman, fun, dan demokratis, Lazuardi Insan kamil juga percaya pada keharusan menegakan disiplin di kalangan para siswanya. Menciptakan lingkungan nyaman, fun, dan demokratis merupakan satu hal, sedangkan penegakan disiplin adalah hal alain. Bahkan, pendekatan belajar mengajar yang fun dan demokratis justru lebih membutuhkan disiplin yang ketat agar tidak menjadi chaos.
Kepemilikan disiplin merupakan bentuk pengakuan terhadap dan pelaksanaan tanggung-jawab dan kewajiban, serta penghargaan dan pemberian hak dan keinginan orang- bahkan makhluk (hewan, tanaman, dan unsur-unsur lain alam semesta)—lain, dan mau mengambil bagian dalam memikul tanggung jawab sosial. Puncaknya adalah pengakuan dan pelaksanaan hak Allah SWT. Yang harus dilakukan oleh hamba-hama-Nya

Pendidikan Disiplin untuk Remaja
Psikologi memandang periode ini sebagai periode yang penuh gejolak dengan menamainya period of strom and stress. Arnett menarik tiga tantangan tipikal yang umumnya biasa dihadapi oleh remaja; (1) Konflik dengan orangtua, (2) perubahan mood yang cepat, dan (3) perilaku beresiko, (dalam Laugesen, 2003)


kepsek LIK
Hasan Mawardi, M.Si

Tidak ada komentar:

Posting Komentar