Kamis, 19 Januari 2012

Mengenal Multiple Intelligence Bersama Munif Chatib

oleh: Abdul Hakim


Pada hari Jumat, tanggal 26 Februari 2010, bertepatan dengan hari libur Maulid Rasulullah SAW, 12 Rabiul Awwal 1431 H, Litbang Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi, telah mengadakan acara seminar pendidikan dengan tema “Penerapan Pembelajaran yang Berkualitas Melalui Pendekatan Multiple Intelligence”, dengan nara sumber pakar Multiple Intelligence terkemuka saat ini, Munif Chatib.

Acara tersebut diikuti oleh sekitar 80 orang peserta yang terdiri dari dosen STAIMI dan guru-guru Madrasah Aliyah, Ibtidaiyah, SMK, SMP, dan SD di Kota Depok. Kegiatan itu dilaksanakan untuk lebih memperkenalkan Multiple Intelligence di kalangan para pendidik sebagai suatu metode pembelajaran yang pada saat ini dipandang sangat efektif dalam penerapan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dalam mengikuti acara seminar itu, para peserta tampak sangat antusias dalam menerima dan mengikuti penjelasan oleh Bapak Munif Chatib yang cukup interaktif dan menyenangkan dalam penyampaian materinya. Pada saat ini menurut Munif Chatib salah satu sekolah yang telah menerapkan metode multiple intelligence adalah di SMP Lazuardi Cilandak, Jakarta Selatan. Dalam menerapkan metode ini, pada dasarnya, para peserta didik semuanya dianggap tidak ada yang bodoh. Setiap anak sesungguhnya mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda, yang tidak terbatas pada kecerdasan intelektual seperti yang selama ini dipahami orang. Sehingga melalui penerapan metode ini, bakat dan kemampuan seseorang akan dikembangkan sesuai dengan kecerdasan yang mereka miliki.

Dengan memahami metode multiple intelligence diharapkan para pendidik mulai merubah paradigma yang dianut selama ini dan sekolah semestinya bisa menerima setiap peserta didik tanpa membedakan mereka yang cerdas atau tidak. Seperti dikemukakan oleh penemu teori multiple intelligence, Howard Gardner, ada 8 kategori kecerdasan yang terdiri dari : bodily kinestethic, interpersonal, verbal-linguistic, logical-mathematical, intrapersonal, visual-spatial, musical, dan naturalistic. Tugas para pendidik di sekolah adalah untuk menumbuhkan potensi dari berbagai jenis kategori kecerdasan tersebut kepada para peserta didik secara tepat dan terukur. Dengan demikian tujuan dari dunia pendidikan untuk mencerdaskan bangsa dengan ilmu dan ketakwaan diharapkan akan bisa tercapai.

Pendaftaran Siswa Baru
SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil Sukabumi membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2011/2012. untuk informasi dan pendafatran hubungi 0266-6248274 (Fadhil) atau 0817109392 (Hasan Mawardi)
Alamat Sekolah dan Pendaftaran
SMP LIK Salabintana Sukabumi
Jl. Salabintana Km. 6 Kp. Nyangkokot Rt. 01/03 Ds. Karawang Kec. Sukabumi, Sukabumi 43151 www.sekolah-unggul.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar