Selasa, 12 Januari 2010

21 Alasan Masuk SMP LIK

8. Menerapkan pendekatan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang mengakui kepemilikan berbagai kecerdasan yang berbeda-beda setiap siswa, untuk kemudian menggali dan mengembangkannya.
9. Kegiatan belajar yang didesain agar siswa dapat menyerap informasi dengan mudah, yaitu dengan cara bergerak dan bekerja, serta praktik (hands on learning).
10. Setiap pembelajaran diupayakan dengan menggunakan alat peraga visual. Hal ini dimaksudkan agar proses balajar melibatkan ke-tiga gaya-belajar : auditorial, visual, dan kinestetik (berorientasi gerak)
11. Untuk mendukung hal di atas, kelas dirancang sedemikian rupa sehingga tak memiliki “arah muka” demi menciptakan impersi bahwa fokus kelas adalah seluruh siswa, bukan guru, dan siswa lebih aktif.
12. Kelas diatur dan dihias secara meriah dan bervariasi dengan berbagai alat peraga, termasuk hasil karya siswa, demi menciptakan lingkungan yang kondusif bagi lahirnya kreativitas dan kepercayaan diri siswa.
13. Proses pembelajaran diselenggarakan secara kontekstual dengan kehidupan sehari-hari siswa agar siswa lebih mudah menangkap dan juga terlatih untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan kebutuhan-kongkretnya.
14. Ruang belajar sama sekali tak dibatasi pada ruang kelas. Melainkan juga seluruh lingkungan sekolah, baik yang dekat maupun yang jauh. Karya wisata merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari kurikulum sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar