Minggu, 07 Februari 2010

About Us

Sejarah Singkat SMP LIK
‘Tidak ada anak yang dilahirkan sebagai anak yang bodoh, yang ada adalah tidak meratanya kesempatan untuk mengembangkan kecerdasan’. Kesempatan erat kaitannya dengan ketersediaan mutu pendidikan.
Untuk itu Lembaga Pencerdasan Anak Bangsa (LPAB Sukabumi, sebuah lembaga yang berkhidmat pada pengembangan pendidikan dan layanan kemasyarakat, menilai perlu adanya langkah baru dalam bentuk pendirian sekolah unggulan dengan sistem pendidikan yang baik. Sekolah ini harus dibangun sedemikian rupa sehingga pendidikan berkualitas bagi anak dapat terwujud.
Dari gagasan itu maka terciptalah ide untuk mendirikan sebuah sekolah, yang diharapkan dapat menghasilkan output yang berkualitas, terukur dan dapat dikontrol dengan baik. Kami berkeyakinan bahwa jika sekolah ini berhasil dengan baik dengan menerapkan model yang mudah direplikasi oleh siapa saja yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan anak-anak bangsa, maka insya Allah dalam waktu dekat akan bermunculan sekolah-sekolah sejenis yang memberikan pendidikan unggul di berbagai tempat ibarat cendawan di musim hujan.
SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil (LIK) mulai berdiri pada tahun 2010, tahun ajaran 2010/2011, yang berada di bawah naungan Lembaga Pencerdasan Anak Bangsa (LPAB) berlokasi di Salabintana, KM 6, Sukabumi.
LPAB sebenarnya sudah mulai membuka program pendidikan sejak 2007 dalam bentuk boarding (pesantren). Sejumlah sembilan anak direkrut dari dhuafa berprestasi se wilayah Sukabumi dan diberi beasiswa sekolah ke luar. Dengan berbagai pertimbangan, khususunya target boarding yang perlu dimaksimalkan maka pada tahun 2010 ini LPAB membuka sekolah sendiri bernama SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil.
Istilah Insan Kamil sendiri berarti manusia sempurna. Yakni manusia yang paripurna dalam segala hal. Tentu dalam kenyataannya sosok Insan Kamil tidak akan pernah ditemukan kecuali Nabi Muhamamd Saw. Dan kendati tidak mungkin melahirkan output yang Kamil atau Insan Kamil, setidaknya nama tersebut menjadi acuan untuk berusaha maksimal mencontoh beliau Saw. Ketahuilah bahwa nilai seseorang ditentukan oleh usahanya. andaipun tidak sempurna, minimal mendekati kesempurnaan.
Visi
Menjadi sekolah unggulan dan world class school yang menghasilkan para lulusan berakhlak mulia (akhlaqul karimah), sebagai calon-calon pemimpin bangsa ke depan.
Misi
- Sekolah yang menerapkan pendidikan agama (TARBIYYAH ISLAMIYYAH) sebagai solusi dari permasalahan umat.
- Sekolah yang menerapkan pendidikan akhlak (CHARACTER BUILDING) dalam berinteraksi dengan dengan masyarakat yang heterogen.
- Sekolah yang menerapkan pendidikan kreativitas dan kemampuan menyelesaikan masalah (CREATIVITY – PROBLEM SOLVING) agar selalu siap menghadapi perubahan-perubahan di dunia global.
- Sekolah yang menerapkan keterampilan hidup (LIFE SKILL) agar dapat eksis dalam kompetisi dunia global.
- Sekolah yang berusaha memperluas multiplier effect atas keberadaan sekolah bagi masyarakat, khususnya keluarga dhu’afa dengan menjadikan sekolah sekaligus sebagai pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM).
- Sekolah yang mentargetkan siswa beriman dan beramal-saleh, berakhlak terpuji (memiliki kecerdasan emosional, sosial, moral, dan spiritual, memiliki keuletan, kesabaran, dan ketabahan juga ketahanan mental (Adversity Quotient) yang tinggi, serta cinta lingkungan-hidup), menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, cinta dan terampil dalam belajar dan pengembangan ilmu, kreatif, inovatif, komunikatif, dan penuh percaya diri (self-confident).

Penutup
Cita mulia untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi seluruh anak bangsa ini, Insya Allah akan terlaksana dengan ridha Allah SWT dan sinergi dengan banyak pihak yang memiliki visi dan misi yang sama. Mudah-mudahan upaya ini dicatat oleh Allah SWT sebagai amal sholeh kita bersama. Amin.

by; hasan_mawardi

Informasi dan Pendaftaran
Informasi dan Pendaftaran: Jl. Selabintana Km. 6. Kp. Nyangkokot RT 001/RW003, Ds. Karawang, Kec. Sukabumi, Sukabumi 43151 Telp. 0266-6248274. Blog: http://lazuardiinsankamil.blogspot.com. Email: laz.insankamil @yahoo.com/hasan_mawardi05@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar