Kamis, 06 Januari 2011

Boarding sebagai alternatif

Tidak bisa kita pungkiri masa sekarang ini masalah anak didik semakin kompleks, terutama masalah pergaulan dan pengaruh negatif lingkungan seperti narkoba, merokok, perkelahian dan tindakan asusila yang lain. Apalagi di kota-kota besar. Anak-anak remaja lebih cenderung mengikuti pola hidup dan perilaku yang kurang positif di lingkungannya, misalnya gaya hidup mewah, pacaran, dan kebebasan yang kebablasan. Ini menjadi kekhawatiran sebagian besar orang tua yang sangat khawatir akan masa depan putra putrinya. Untuk itu orang tua (terutama yang berpenghasilan lebih dari cukup) menitipkan pendidikan anaknya di sekolah boarding school. Ada beberapa keunggulan sekolah boarding dibanding sekolah konvensional. Diantaranya adalah :
1. Anak didik akan terkontrol kesehariannya, sehingga hampir tidak memungkinkan mereka terlibat tindakan atau pengaruh negatif di lingkungan masyarakat.
2. Kebutuhan belajar siswa akan terus difasilitasi dan dilayani semaksimal mungkin. Hal ini karena siswa dekat dengan sumber belajar, baik guru, perpustakaan, internet dan lain-lain.
3. Siswa menjadi lebih mandiri karena jauh dengan orang tua sehingga keperluan pribadi harus ditangani sendiri. Makan sendiri, mencuci sendiri, belajar mandiri dan mengatur waktu sendiri.
4. Orang tua tidak terlalu repot mengurusi atau memperhatikan putra putrinya dan tidak terlalu khawatir terhadap lingkungan yang kurang baik terhadap putra putrinya, sehingga pekerjaan orang tua juga juga tidak terganggu dan lebih produktif sesuai dengan bidang pekerjaanya.
5. Karena siswa tinggal satu kompleks dengan sekolah, maka siswa tidak perlu merasakan capeknya menunggu angkot atau berdesak-desakan di bis serta menghindari keterlambatan datang di kelas.
6. Siswa lebih sering berinteraksi dengan teman-temannya sehingga mudah untuk bekerja sama dan saling membantu jika ada kesulitan dalam belajar.
7. Penanaman nilai-nilai akhlak dan ibadah juga lebih intensif diberikan kepada siswa. Bagi anak-anak yang setelah selesai sekolah pulang ke rumah, nilai-nilai yang diberikan guru bisa terhapus tanpa bekas jika anak tersebut memiliki lingkungan yang kurang positif.
8. Koordinasi dan komunikasi antara guru dengan guru, guru dengan siswa atau siswa dengan siswa lebih efektif.
9. Pembinaan akademik siswa juga lebih optimal. Makanya banyak siswa dari boarding school yang menjuarai berbagai turnamen atau perlombaan baik di bidang akademik maupun non akademik.
Dan masih banyak lagi keunggulan sekolah boarding dibandingkan dengan sekolah umum yang hanya buka dari pagi hingga siang atau sore hari. Untuk itu diharapkan pemerintah membuka satuan pendidikan yang bersifat boarding school untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan maupun sosial kepada anak bangsa.

*****
SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil Sukabumi membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2011/2012. untuk informasi dan pendafatran hubungi 0266-6248274 (Fadhil) atau 0817109392 (Hasan Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar