Selasa, 25 Januari 2011

Our future depends on our English and Arabic

BERBAHASA INGGRIS BERSAMA NATIVE SPEAKER
Jika kebanyakan orang Indonesia beranggapan bahwa Bahasa Inggris adalah sulit, lain halnya dengan siswa SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil, semua kesulitan dalam belajar bahasa Inggris dianggap sebagai tantangan. Permasalahan dalam belajar bahasa Inggris bukannya dihindari tapi malah sebaliknya mereka hadapi. “tidak ada ucapan yang salah, yang salah adalah yang diam”, demikian pengantar saya kepada para siswa saat membuka program Unit Activity “ENGLISH CLUB”. Nampaknya mereka menyadari kalau bahasa asing (foreign Language seperti Bahasa Inggris) adalah jendela untuk melihat cakrawala dunia. ”Our future depends on our English and Arabic”, ucap mereka.
Melihat minat dan motivasi para siswa sedemikian tinggi, maka SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil berusaha memberikan pelayanan dan fasilitas yang memadai. Untuk itu sekolah yang beralamat di Jalan Selabintana Sukabumi ini sampai “nekad” mendatangkan seorang guru bahasa Inggris langsung dari Inggris –tepatnya dari daerah Aston Villa- sebagai English native speaker.
Mr. Ian, demikian sapaan akrab beliau, dikenal para siswa sebagai guru yang ramah, senang bergurau dan sabar. Para siswa merasa senang belajar bahasa Inggris bersamanya. Sifatnya yang ramah dan sabar membuat siswa tidak segan untuk menyapa dan bertanya jika ada kesulitan. Kesenangannya bercanda membuat siswa tidak takut berbicara meskipun kadang tidak nyambung.
Pihak yang paling diuntungkan adanya Native Speaker adalah para siswa. Keberanian mereka bicara ditambah kekocakan sang native membuat kelas bertambah hidup, kepercayaan diri mereka pun cas cis cus berbahasa Inggris semakin meningkat.
Lalu bagaimana dengan kemampuan berbahasa Inggris para guru? Jawabannya adalah sebuah doa, semoga para guru mampu mengimbangi kemampuan mereka.

(hasan mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar