Rabu, 12 Januari 2011

FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ) TENTANG KURIKULUM SMP LIK DAN PENERAPANNYA
6. Tentang Pekerjaan Rumah (PR)
Pekerjaan rumah yang menyita waktu siswa untuk kegiatan bermain, bersosialisasi dengan keluarga, dan kegiatan-kegiatan tambahan di luar sekolah, serta membebani juga diminimumkan. Meski demikian, tetap diperlukan pekerjaan rumah untuk pelajaran-pelajaran yang memerlukan banyak latihan (drill) seperti membaca, menulis, matematika dan kegiatan-kegiatan (projects) yang membutuhkan interaksi dengan lingkungan luar sekolah, wawancara, penelitian, dan sebagainya.
Namun, kapan saja dimungkinkan, hendaknya PR-PR tersebut juga mengandung unsur yang menyenangkan bagi siswa sehingga tak terlalu menambah beban dan tingkat stres siswa (kadang-kadang juga para guru di asrama).
7. Tentang Penerapan Bilingual Teaching
Bilingual Teaching, yakni penggunaan Bahasa Inggris di samping bahasa Indonesia sebagai medium pengajaran, dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan siswa dan guru. Namun demikian, sebagai sekolah boarding/berasrama, SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil lebih memilih bahasa asing (Arab dan Inggris) sebagai bahasa keseharian siswa dibanding sebagai bahasa pengantar dalam proses KBM di kelas kecuali untuk pelajaran Bahasa Inggris itu sendiri.
8. Tentang Text Books dan Bahan Ajar
Karena tak sepenuhnya mengikuti Kurikulum Nasional, maka SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil juga tak sepenuhnya menggunakan text books yang dibuat berdasar kurikulum Nasional tersebut. Selain itu, digunakan juga handouts yang dikembangkan sendiri oleh para guru. Secara bertahap diharapkan kumpulan handouts akan menjadi bahan ajar utama di SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil.
Juga, terbuka kemungkinan di waktu-waktu yang tepat digunakan text book pendukung lain, bisa dari Eropa, atau Amerika, atau dari negara-negara lain, atau bahkan dari dalam negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar