Rabu, 12 Januari 2011

FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ) TENTANG KURIKULUM SMP LIK DAN PENERAPANNYA

2. Tentang Keketatan Standar Pencapaian
Meski menyederhanakan beban kurikulum, sama sekali tak berarti bahwa Lazuardi hendak mengendorkan standar pencapaian atau prestasi siswa. Sebaliknya, pengurangan beban tersebut dilakukan justru agar tersedia cukup waktu dan sumberdaya untuk mencapai tingkat pencapaian maksimum dalam bidang-bidang yang menjadi sasaran pendidikan di SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil seperti tersebut di atas. Tegasnya, SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil menetapkan dan mengejar tingkat tertinggi pencapaian para siswanya.
3. Tentang Ketiadaan Tes Masuk dan Observasi
Ketiadaan tes masuk sama sekali tak ada hubungannya dengan standar prestasi yang hendak dicapai. Tes masuk ditiadakan karena sedikitnya 2 alasan :
Pertama, agar tak ada diskriminasi berdasar kemampuan akademik anak. Menurut keyakinan kami, setiap anak berhak mendapatkan pendidikan terbaik. Kami juga berkeyakinan bahwa sekolah unggul adalah sekolah yang the best proces bukan yang the best input.
Kedua, SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil percaya bahwa sekolah yang baik adalah yang dapat mengembangkan potensi siswanya, seperti apa pun kesiapan-akademiknya, menuju kehidupan yang sukses da sejahtera.
Sebagai ganti tes masuk, SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil mewajibkan para siswanya yang telah diterima untuk mengikuti tes MIR (Multipl Intelligence Research) semata-mata untuk mengumpulkan informasi akan kesiapan, kelebihan, dan kekurangan siswa agar dengan demikian bisa dirancang kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk masing-masing siswa tersebut.
SMP Boarding Lazuardi Insan Kamil juga menerapkan sistem remedial untuk siswa yang terlambat, dan pengayan untuk siswa yang memiliki kelebihan di bidang-bidang tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar