Senin, 21 Februari 2011

Sex Education di SMP LIK

Pada tanggal 19 Februari 2011 SMP boarding Lazuardi Insan Kamil Sukabumi mengadakan kuliah umum Sex Education untuk seluruh siswa SMP LIK yang dibawakan oleh salah seorang ortu siswa, Ibunda Abyan Albiruni. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan sekolah sebagai pusat pembentukan karakter bagi para siswa. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa mampu memahami kondisi seksualnyasecara baik dan mampu berperilaku secara efektif sesuai kondisi seksualnya.

Kegiatan tersebut dimulai pkl 13.00 WIB dan berakhir pada pkl 15.00 WIB. Bu Lis memulai dengan perkenalan, doa pembuka dan menyepakati beberapa aturan main. Selesai menyepakati aturan main Bu Lis mengenalkan sebuah game kepada para siswa bernama Lucky Number Seven dan dilanjutkan dengan materi ini Sex education dengan tema; KENAPA AKU?

Sebelum kegiatan berlangsung, Bu Lis sempat berbincang-bincang dengan pihak guru terkait perkembangan fisik dan psikis para siswa. Menurut beliau, kegiatan pada hari itu lebih difokuskan pada sarana bertukar informasi dan pengetahuan tentang seksualitas berdasar pada apa yang telah diketahui dan dipahami para siswa, sehingga diharapkan para siswa menjadi lebih aktif untuk mengungkapkan diri mereka. Para siswalah yang berperan sebagai narasumber.

Pembahasan dimulai dengan eksplorasi pengetahuan dan pemahaman siswa tentang apa itu sex education karena pada dasarnya para siswa telah mengetahuinya melalui berbagai sumber. Namun apakah para siswa pernah memeriksa secara sadar tentang perubahan yang terjadi dalam dirinya, khususnya secara seksual? Ternyata sebagian besar siswa belum pernah melakukannya, mereka hanya mengetahui secara teoritis dari sumber yang tidak jelas tanpa mempelajari secara riil. Pengenalan secara riil tentang alat seks dan fungsinya membuat seseorang semakin sadar tentang betapa bagian tubuh tersebut sangat penting untuk dijaga sehingga menjadi pribadi yang semakin matang bukan hanya secara fisik tapi secara psikologis.

Pada bagian lain para siswa juga ditanya pengetahuannya tentang ihtilam (mimpi basah), penyimpangan seksual, kecendrungan pada lawan jenis (pacaran).

Secara umum Bu Lis, bundanya Abi menekankan bahwa pengenalana dan pemahaman tentang seksualitas anak merupakan hal urgent karena akan sangat membantu untuk memasuki dan menjalani setiap tahap perkembangan dengan efektif. Beliau pun memberi kesempatan kepada para siswa untuk bertanya terkait permasalahan seksualnya.

Acara ditutup dengan mengulas ulang materi yang sudah dismapaikan, game penutup, berdoa, hamdalah dan salam.

Dan kami, atas nama sekolah mengucapkan terima kasih keada Ibundanya Abyan yang telah berkenan menjadi narasumber untuk kegiatan Parents Teaching ini, dan juga berharap semoga para siswa mampu memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga mampu memperoleh informasi dan pemahaman yang dibutuhkan sesuai dengan tahap perkembangan mereka yang memasuki masa remaja.
by; Hasan Mawardi

1 komentar:

  1. senang sekali rasanya menemukan artikel mengenai sex education pada remaja SMP..
    SMP Lazuardi yang sudah mengadakan kuliah umum sex education ini alamatnya di daerah mana ya?
    mohon bantuannya karena saya hendak melakukan penelitian mengenai sex education pada remaja SMP.
    Thanks

    Best Regards,
    Asri

    BalasHapus