Kamis, 04 November 2010

Kurban di Sekolah

Menjelang Idul Adha tiba, para siswa di Lazuardi Cinere dari SD hingga SMP mulai sibuk menghitung uang tabungan kelas (kas) yang khusus mereka kumpulkan untuk membeli hewan kurban. Hewan qurban pun kemudian disembelih pada hari “H” nya yang wajib dihadiri oleh kelas bersangkutan. Kini, penyembelihan hewan kurban banyak dilakukan di sekolah-sekolah. Kegiatan ini sangat marak, karena memang digalakkan oleh beberapa sekolah, baik swasta maupun negeri. Biasanya dana yang terkumpul kemudian digunakan untuk membeli hewan kurban sapi atau kambing. Alasan yang melatar belakangi perbuatan ini, yaitu untuk melatih siswa melaksanakan ibadah sekaligus memupuk rasa empati dan simpati mereka kepada kaum dhua`fa di sekitar lingkungan sekolah.
Tahun ini, karena SMP Lazuardi Insan Kamil baru berdiri , sekolah tidak membuka “keran” kurban secara formal, kendati sejak awal Abah Jufri sudah menitipkan uang tuk membeli tiga ekor kambing. Para siswa pun yang jumlahnya kini 22 siswa tidak memiliki dana kas yang cukup untuk membeli seekor kambing pun. Namun ada beberapa orang tua siswa yang sempat menanyakan “apa sekolah mengadakan acara potong hewan qurban?”, “setiap tahun Abah Jufri pasti memotong hewan Qurban” jawab kami.
Hamdulillah tahun ini sudah ada dua siswa kita yang akan memotong hewan kurbannya di sekolah. Bagi siswa lain -dan siapapun selain siswa- yang juga ingin berkurban di sekolah kami insyaallah siapa menyalurkan daging hewan kurban anak Ibu/Bapak ke masyarakat yang berhak.
Untuk Qurban tahun depan insyaallah kami akan mengkondisikan para siswa untuk menyisihkan sebagian uang jajannya dan akan dibelikan hewan kurban yang dipotong atas nama kelas yang bersangkutan. Mudah-mudahan ini jadi tradisi SMP LIK yang baik ke depan.

Catatan;
1.Harga seekor kambing berkisar antara 1-2 jt (Tipe A,B,C)
2.Bagi yang berniat kurban di sekolah silahkan menghubungi Mr. Qomar

(Hasan Mawardi, M.Si)
Kepala SMP LIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar