Senin, 08 November 2010

MEMBIDIK TIGA KECERDASAN; IQ, EQ, SQ

Secara keseluruhan program SMP Lazuardi Insan Kamil (LIK) terbagi kepada dua manajemen; pertama, manajemen sekolah yang berada di bawah wakasek I bidang kurikulum yang bertanggungjawab atas seluruh aktivitas siswa selama KBM (kegiatan belajar mengajar) berlangsung dari jam 7.20 hingga jam 14.10. kedua, manajemen keasramaan yang berada di bawah wakasek II bidang keasramaan dan kesiswaan.
Pembagian manajemen tersebut dimaksudkan selain untuk mempermudah manajemen itu sendiri, landasan lainnya adalah jenis kecerdasan yang ditargetkan; Intelektual, Emosional, dan Spiritual. Dengan tetap memperhatikan tiga ranah; kognitif, afektif, dan psikomotorik, program sekolah dimaksudkan untuk membidik kecerdasan intelektual siswa, sementara program-program keasramaan dimaksudkan untuk membidik dua kecerdasan lainnya; emosional dan spiritual.
Dengan mengingikuti dua program; sekolah dan keasramaan (boarding) para siswa dikondisikan untuk hidup di kehidupan riil yang penuh dengan tantangan. Kehidupan yang pasti akan di hadapi setiap siswa, apapun profesinya nanti. SMP LIK adalah miniatur dari dunia yang sebenarnya yang akan dimasuki para siswa ke depan. Setiap harinya mereka akan dihadapkan pada berbagai karakter orang dari latarbelakang keluarga dan daerah yang berbeda. Sebuah kondisi yang menuntut setiap siswa untuk saling berbagi dan siap menerima sebuah perbedaan, sekaligus terbiasa menghargai pripasi orang lain. Mereka benar-benar dituntut memiliki keterampilan hidup (life skills) dan kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving).
Para lulusannya nanti diharapkan menjadi insan-insan yang beriman dan beramal shaleh, berakhlak terpuji (memiliki multi kecerdasan; emosional, sosial, moral, spiritual dan adversitas yang tinggi serta cinta terhdap lingkungan), menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, cinta dan terampil dalam belajar dan pengembangan ilmu, kreatif, inovatif, komunikatif, dan percaya diri (self confident). memiliki pengetahuan agama Islam yang luas, kreatif dan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah agar selalu siap menghadapi perubahan-perubahan di dunia global, memiliki keterampilan hidup (life skills) agar dapat eksis dalam kompetisi dunia global.
Target terakhir dari pembagian manajemen tersebut adalah melahirkan siswa-siswa yang cerdas dan berakhlak mulia, sesuai dengan visi dan misi sekolah.
(hasan mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar